PEMILIHAN, SELEKSI BAHAN, DAN MATERI PEMBELAJARAN

PEMILIHAN, SELEKSI BAHAN, DAN MATERI PEMBELAJARAN

Disusun Oleh:
Nama: Aprilia Wulandari
Prodi: Pendidikan Bahasa Indonesia 2016 A
NIM: 16188201021

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar
Dosen Pembimbing:
M. Bayu Firmansyah, M.Pd



STKIP PGRI PASURUAN
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
2019

            Materi atau bahan pelajaran merupakan salah satu komponen penting selaian komponen pengajar dan peserta didik, dalam proses pembelajaran. Tujuan perencanaan ini adalah memguasi sepenuhnya bahan dan meteri pembelajaran , metode dan penguasaan alat dan perlengkapan pembelajaran, menyempaikan kurikulum berdasarkan bahasan dan mengelola alokasi waktu yang tersedia. Tujuan pembelejaran selayaknya berdasarkan pada tiga hal yang diharapkan dapat dicapai melalui pendidikan atau pembelajaran yang dikemukan dalam taksonomi Blooom yaitu:
1.      Tujuan Kognitif
   Proses-proses semacam “insight”atau berbikir dan “reasoning”, atau menggunakan logika deduktif dan induktif.
2.      Tujuan Afektif
       Menurut Kratwolh, Bloom, dan manusia (dalam segala, 2003), domain afektif berlandaskan pada lima kategori, yaitu:
a.       Penerimaan (receiving)
b.      Pemberian respons (responding)
c.       Penghargaan/penilaian (valuing)
d.      Pengorganisasian (organization)
e.       Karakterisasi (characterizations)
3.      Tujuan Psikomotor
        LRanah pesikomotorik adalah ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu.
Menurut Simpson (dalam segala 2003), domain psikomotor terbagi atas tujuh kategori yaitu:
a.       Persepsi (perceptions)
b.      Kesiapan
c.       Respons terbimbing (guide rsponse)
d.      Mekanisme (mechanical response)
e.  Respons yang kompleks (complex response)
f.    Penyesuaian pola gerakan atau adaptasi
g.      Orginalisasi.
4   Perencanaan Alat dan Media Pengajaran.
      Dengan mengenal media pengajaran dan memahami cara-cara penggunaannya akan sangat membantu tugas para pengajar dalam meningkatkan efektivitas proses pengajaran. Bruner (1960) (dalam segala, 2003) membagi alat intruksional dalam empat macam menurut fungsinya yaitu:
a.    Alat untuk menyampaikan pengalaman “vicarious”
b.   Alat yang dapat memberikan pengertian tentang struktur atau prinsip suatu gejala.
c.       Alat dramatisasi
d.      Alat automatisasi.
5.      Perencanaan Evaluasi Pengajaran
       Maksud dan tujuan dari evaluasi adalah untuk menentukan hasil yang dicapai oleh peserta didik. Tujuan evaluasi sealama proses pembelajaran digunakan untuk mengetahui dan memperbaiki masalah pembelajaran serta kesulitannya, dalam penyampaian materi maupun strategi pendekatan yang digunakan.
6.      Penyusunan Satuan Pelajaran
   Satuan pelajaran adalah program pembelajaran dalam satuan terkecil yang memuat tujuan intruksional, bahan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, metode dan alat bantu mengajar, serta evaluasi kemajuan hasil belajar. Adapun unsure-unsur yang biasanya terkandung dalam program pembelajaran pada satu semester meliputi tujuan pembelajaran, pokok bahasan, metode mengajar, media dan sumber belajar, dan lain-lain.
a.       Tujuan Pembelajaran.
b.      Pokok bahasan
c.       Metode mengajar
d.      Evaluasi pengajaran
e.       Alokasi waktu.
7.      Perencanaan Materi dan Bahan-bahan Pengajaran
       Pemanfaatan alat dan bahan pengajaran sebaiknya mempertimbangkan hal-hal berikut:
a.       Ada pemeriksaan awal
b.      Persiapan lingkungan
c.       Persiapan peserta didik
d.      Panyajian bahan pengajaran
Pengajaran dapat didekati dengan pendekatan system. Dengan pendekatan ini, masukan (input) ditetapkan berdasarkan tujuan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendekatan, Metode, Teknik, dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia

Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia

Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa