STRATEGI INOVATIF KREATIF BERBAHASA
STRATEGI INOVATIF KREATIF BERBAHASA
Disusun Oleh:
Nama: Aprilia Wulandari
Prodi: Pendidikan Bahasa Indonesia 2016 A
NIM: 16188201021
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar
Dosen Pembimbing:
M. Bayu Firmansyah, M.Pd
STKIP PGRI PASURUAN
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
2019
Keterampilan menyimak adalah satu bentuk keterampilan berbahasa yang bersifat reseptif. Tujuan bahasa menurut (Nunan 1988) adalah bahwa bahasa itu ada untuk memenuhi tujuan-tujuan komunikatif dan fungsional yang tercermin pada structural bahasa hingga konteks dan tujuan itu berperan sangat penting dalam pembentukan bahasa. (Nunan ) juga mengatakan bahwa menymak dibagi atas dua kategori yaitu monolog dan dialog. Mendengarkan memahami itu bukan suatu proses yang pasif, melainkan proses yang aktif dari proses tersebut dibedakan dua aspek menyimak: 1). Presepsi dan 2). Resepsi. Dalam KBM menyeimak yang dikemukakan Kemp (1977) dapat diberlakukan pada aktivitas yaitu:
a. Identifikasi
b. Identifikasi dan seleksi tanpa retensi.
c. Identifikasi dan seleksi terarah
d. Identifikasi dan seleksi dengan retensi.
KBM menyimak untuk ketiga tingkatan belajar (permulaan, menengah mahir) dapat dipergunakan metode dan teknik: a. Menyimak murni, b. wicara, c. visual d. Gerakan dan e. menulis. Dalam strategi pembelajaran menyimak dapat memilih salah satu atau campuran dari ketiga pola yaitu:
a Pemberian informan tertentu
b. Interaksi
c. Secara independen
Berikut adalah dua belas tahapan kegiatan menyimak:
1. Mendengarkan
2. Mengenangkan
3. Memperhatikan
4. Membentuk imajinasi
5. Mencari simpanan masalalu
6. Membandingkan.
7. Menguji isyarat-isyarat
8. Mengodekan kembali
9. Menapatkan makna
10. Memasukkan dalam pikiran
11. Menginterpretasikan
12. Menirikan dalam pikiran.
Tujuan-tujuan program pengajaran menyimak yaitu:
a. Menyimak umuk, dan;
b. Menyimak kritis
2. Strategi Keterampilan Berbicara
Keterampilan berbicara pada hakikatnya merupakan keterampilan memproduksi arus system bunyi artikulasi untuk menyampaikan kehendak, kebutuhan perasaan dan keinginan pada orang lain. Tujuann keterampilan berbicara akan mencakup pencapaian hal-hal berikut:
a. Kemudahan Berbicara
b. Kejelasan
c. Bertanggung jawab
d. Membentuk Pendengaran yang kritis
e. Membentuk kebiasaan
3. Strategi Pembelajaran Keterampilan Membaca
Membaca merupakan kegiatan untuk mendapatkan makna dari apa yang tertulis dalam teks. Tes kemampuan membaca adalah sebuah tes keterampilan berbahasa yang dilakukan dalam pembelajaran bahasa, baik dalam pengajaran bahasa pertama maupun bahasa kedua (asing). Kemampuan membaca merupakan salah satu dari keempat katerampilan-keterampilan berbahasa yang diajarkan dank arena juga berkonsekuensi diteskan, kepada pembelajaran bahasa.
4. Strategi Pembelajaran Keterampilan Menulis
Sepertinya halnya kemampuan berbicara, kemampuan menulis mengandalkan kemampuan berbahasayang bersifat aktif dan produktif.
5. Strategi Pengajaran Lisan Bahasa Indonesia Tingkat Pemula dan Menengah Melalui Gerakan Tubuh Ritmik
Beberapa teknik untuk membuat suasana kelas menjadi menyenangkan sekaligus mampu mencapai suasana kelas menjadikan amat diperlukan dalam situasi ini. Berikut ini adalah beberapa teknik yang dimaksud adalah:
a. Identitas Melalui Analogi Personal
b. Teknik Lisan Berdasarkan Gerakan Badan
c. Teknik Permainan Suku Kata
d. Teknik Menebak Adjektiva
e. Teknik Gerakan Menggantung
f. Dialog Kooperatif-Opositif
Komentar
Posting Komentar