FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN

Disusun Oleh:
Nama: Aprilia Wulandari
Prodi: Pendidikan Bahasa Indonesia 2016 A
NIM: 16188201021

Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar
Dosen Pembimbing:
M. Bayu Firmansyah, M.Pd



STKIP PGRI PASURUAN
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
2019

1. Karakteristik Peserta Didik
- Kematangan Mental dan Kecakapan Intelektual
- Kondisi Fisik dan Kecakapan Psikomotor
- Umur
- Jenis Kelamin

2. Kompetensi dasar yang diharapkan
          Kompetensi dasar adalah pernyataan minimal atau memadai tentang pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang di reflesikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak setelah peserta didik menyelesaikan suatu aspek atau subaspek mata pelajaran tertentu.

3. Bahan ajar
     Bahan ajar merupakan seperangkat informasi yang harus diserap peserta didik melalui pembelajaran yang menyenangkan. Secara umum sifat bahan ajar dapat dibedakan kedalam beberapa kategori, yaitu: fakta, konsep, prinsip, dan keterampilan.
     Bahan ajar yang akan disampaikan kepada peserta didik dengan strategi tertentu harus memenuhi criteria sebagai berikut:
a. Relevan dengan standar kopetensi mata pelajaran dan kompetensi dasar yang harus dicapai peserta didik.
b. Bahan ajar merupakan isi pembelajaran dan penjabaran dari standar kompetensi serta kompetensi dasar tersebut.
c. Memberikan motivasi.
d. Berkaitandengan bahan sebelumnya.
e. Bahan disusun secara sitematis,
f.  Praktis
g. Bermanfaat bagi peserta didik
h. Sesuai dengan perkembangan zaman
i.  Dapat dipeoleh dengan mudah
j.  Menarik minat peserta didik.
Dari sisi lain, criteria bahan ajar yang baik dapat dipertinjau dari beberapa aspek, yaitu: penampilan segi materi, aspek buku pendukung, aspek linguistic, aspek kebudayaan yang terkandung didalamnya, aspek filosofis, dan aspek evaluasinya.

4. Waktu yang tersedia
     Melalui perhitungan waktu dalam satu tahun ajaran berdasarkan waktu-waktu efektif pemebelajaran bahasa, rata-rata lima jam pelajaran/minggu untuk mencapai dua atau tiga kompetensi dasar. Pencapaian kompetensi tersebut harus dikemas sedemikian rupa dengan menggunakan strategi yang disesuaikan dengan waktu yang tersedia.

5. Sarana/Prasarana
     Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai tujuan. (KKBI, 1993). Sedangkan sarana belajar adalah segala sesuatu yang berlangsung dapat dipakai peserta didik dalam belajar untuk mencapai suatu kompetensi dasar tertentu.  Sedangkan Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranay suatu proses.

6. Kemampuan/Kecakapan Pengajar
     Memilih dan Menguasai Strategi Pembelajaran Bahasa.
Salah satu tujuan utama pembelajaran bahasa adalah mempersiapkan peserta didik untuk melakukan interaksi yang bermakna dengan bahasa yang alamiah. Disamaping memiliki kemampuan penguasaan keilmuan pengajar juga harus memiliki kemampuan dan penguasaan memilih dan menerapkan strategi yang didalamnya terdapat: pendekatan, metode, dan teknik secara baik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa

Pendekatan, Metode, Teknik, dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia

Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia